Jumat, 30 Desember 2011

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 09.45 0 komentar

HUT Satpam ke XXXI Tahun 2011

Pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2011 bertempat di Lapangan Mapolres Kutai Barat telah dilaksanakan Upacara Peringatan HUT Satpam ke XXXI. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kutai Barat AKBP HANDOYO S.Ik M.Si. Dalam amanatnya Kapolres Kutai Barat mengharapkan peningkatan peran serta Satpam dalam menjaga situasi Kamtibmas dilingkungan kerja masing-masing sehingga tercipta situasi yang kondusif. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur - unsur dari Pemkab Kubar, Polri, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, Perusahaan, Pramuka, Polhut, Toga, Tomas dan Todat.






Posted by POLRES KUTAI BARAT On 06.01 1 komentar

FingerPrint

Salah satu upaya dalam efesiensi pencatatan daftar hadir / absensi personil Polres Kutai Barat, maka Seksi Propam Polres Kutai Barat akan menggunakan mesin absensi yang lazim disebut fingerprint. Dengan penggunaan perangkat ini diharapkan pencatatan daftar kehadiran bisa lebih obyektif guna peningkatan kinerja Polres Kutai Barat . Penggunaan alat ini akan dimulai pada awal tahun 2012.

Kamis, 29 Desember 2011

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 17.40 0 komentar

Marry Christmas 2011 and Happy New Year 2012

Polres Kutai Barat beserta jajaran mengucapkan Selamat hari Natal Tahun 2011 dan Tahun Baru 2012, semoga dengan peringatan Natal dan Tahun 2012 kita tingkatkan kerjasama antara Polri dan Masyarakat untuk memantabkan situasi Kamtibmas di Kabupaten Kutai Barat agar lebih berkualitas dan kondusif.

Senin, 26 Desember 2011

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 06.07 0 komentar

Polsek Melak

POLSEK MELAK
Jalan Gajah Mada Nomor 07 Melak Kutai Barat 75565


POLSEK MELAK 

Kecamatan Melak mempunyai luas wilayah 287,87 Km2.

Perkampungan di wilayah Administrasi Kecamatan  Melak :

GEOGRAFIS

  1. Empas
  2. Empakuq
  3. Muara Bunyut
  4. Melak Ilir
  5. Melak Ulu
  6. Muara Benangaq

 Kecamatan Melak berbatasan dengan :




  • Utara


  • : Kecamatan Manoor Bulant




  • Timur


  • : Kecamatan Muara Pahu




  • Selatan


  • : Kecamatan Muara Lawa




  • Barat


  • : Kecamatan Damai, Sekolaq Darat

PENDUDUK

Kecamatan  Melak dihuni oleh 2.440 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan  Melak adalah 10.121  jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 5.007 orang dan jumlah penduduk perempuan 5.114 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Melak adalah 35,16 jiwa/Km2.

POTENSI DAERAH

  1. Pertanian
  2. Perkebunan
  3. Peternakan
  4. Perikanan

Minggu, 25 Desember 2011

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.59 0 komentar

Bagian Operasional ( Bagops ) Polres Kubar



 BAGOPS POLRES KUTAI BARAT
 
Bagops adalah unsur pembantu pimpinan Polres yang berada di bawah Kapolres. Bagops bertugas merencanakan, mengendalikan dan  menyelenggarakan administrasi operasi kepolisian, termasuk latihan pra operasi, melaksanakan koordinasi baik dalam rangka keterpaduan fungsi maupun dengan instansi dan lembaga terkait dalam rangka pelaksanaan pengamanan kegiatan masyarakat, serta melaksanakan fungsi hubungan masyarakat termasuk   Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta mengendalikan pengamanan Markas. Dalam melaksanakan tugas, Bagops menyelenggarakan fungsi :

1)    Penyiapan administrasi & pelaksanaan operasi kepolisian;

2)   Perencanaan pelaksanaan pelatihan praoperasi, termasuk kerja sama & pelatihan dalam rangka operasi kepolisian;

3)   Perencanaan & pengendalian operasi kepolisian, termasuk pengumpulan, pengolahan & penyajian serta pelaporan data operasi & pengamanan kegiatan masyarakat & atau instansi pemerintah;

4) Pembinaan manajemen operasional meliputi rencana operasi, perintah pelaksanaan operasi, pengendalian & administrasi operasi kepolisian serta tindakan kontijensi;

5)    Pengkoordinasian & pengendalian pelaksanaan pengamanan markas di lingkungan Polres ; dan

6)    Pengelolaan informasi dan dokumentasi kegiatan Polres.

Bagops dipimpin oleh Kabagops, yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Kabagops  dalam melaksanakan  tugas kewajibannya dibantu oleh :

1)    Subbagian Pembinaan Operasi,  disingkat Subbagbinops bertugas  :
a)   Menyusun perencanaan operasi & pelatihan praoperasi serta menyelenggarakan administrasi operasi .

b)   Melaksanakan koordinasi antar fungsi dan instansi/ lembaga terkait dalam rangka pelaksanaan pengamanan kegiatan masyarakat & atau pemerintah serta bertanggung jawab kepada Kabag Ops;

2)    Subbagian Pengendalian Operasi, disingkat Subbagdalops bertugas ;
a)    Melaksanakan pengendalian operasi & pengamanan Kepolisian ;
b)  Mengumpulkan, mengolah & menyajikan data dan pelaporan operasi kepolisian serta kegiatan pengamanan  ;
c) Mengendalikan pelaksanaan pengamanan markas di lingkungan Polres serta bertanggung jawab kepada Kabag Ops;

3)    Subbagian Hubungan Masyarakat, disingkat Subbaghumas bertugas :
a)  Mengumpulkan & mengolah data, serta menyajikan informasi & dokumentasi kegiatan kepolisian yang berkaitan dengan penyampaian berita di lingkungan Polres ;
b)    Meliput, memantau, memproduksi & mendokumentasi kan informasi yang berkaitan dengan tugas Polres serta bertanggung jawab kepada Kabag Ops ;

4)    Perwira Urusan Administrasi disingkat Paurmin bertugas menyelenggarakan tata urusan dalam / administrasi Bag. Ops dan mengawasi pelaksanana tugas pada masing-masing Paur serta bertanggung jawab kepada Kabag. Ops ;

5)    Perwira Urusan Subbagbinops disingkat Paur Subbagbinops bertugas membantu tugas Kasubbagbinops dalam melaksanakan pembinaan pada saat kegiatan Operasional dan bertanggung jawab kepada Kasubbagbinops ;

6)    Perwira Urusan Subbagdalops disingkat Paur Subbagdalops bertugas membantu tugas Kasubbagdalops dalam melaksanakan pengendalian Operasional dan bertanggung jawab kepada Kasubbagdalops;

7)    Perwira Urusan Subbaghummas disingkat Paur Subbaghummas bertugas membantu tugas Kasubbaghummas dalam melaksanakan kegiatan hubungan dengan masyarakat / wartawan dan bertanggung jawab kepada Kasubbaghummas;

8)    Perwira Siaga yang disingkat Pasiaga bertugas sebagai pembantu dalam pelaksanaan tugas pada masing-masing subbag  serta bertanggung jawab kepada masing-masing Kasubbag .

9)  Bintara Administrasi disingkat Bamin bertugas membantu tugas para Paur pada masing-masing Subbag yang ada di Bag. Ops dalam melaksanakan tugas ketatausahaan administrasi sehari-hari dan bertanggung jawab kepada masing-masing Paurmin ;

10) Bintara Umum disingkat Banum bertugas membantu tugas Bamin dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Bamin.


Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.42 0 komentar

Pejabat Polres Kutai Barat

1  Kapolres Kutai Barat - AKBP PURWADI W. ANGGORO S.Ik
2. Wakapolres Kutai Barat - KOMPOL AGUSTINUS CHRISTMAS TS, S.Ik
3. Kabag Ops Polres Kubar - KOMPOL DANDY ARIO Y S.Ik
4. Kabagren Polres Kubar - KOMPOL PURWADI
5. Kabag Sumda Polres Kubar - KOMPOL SUTRISNO DP
6. Kasat Reskrim Polres Kubar - AKP HERBIN GARBAWIYATA S.S.Ik
7. Kasat Intelkam Polres Kubar - AKP SUJOKO, SH
8. Kasat Lantas Polres Kubar - IPTU HANKIE FUARI PUTRA A.Md. Ik
9. Kasat Sabhara Polres Kubar - AKP I MADE PARMIDA
10. Kasat Resnarkoba - AKP I.K.G. SUARDANA SH
11. Kasat Binmas Polres Kubar - IPTU SUDJONO KE
12. Kasat Tahti Polres Kubar - IPDA SUYITNO
13. Ka SPKT - 
14. Kasiwas Polres Kubar - AIPTU DARNUJI
15. Kasi Propam Polres Kubar -AIPTU EDY SARWONO
16. Kasi Keu Polres Kubar - AIPTU HARYANA
17. Kasium Polres Kubar - AIPTU SUBIYANTO
18. PS. Kasitipol Polres Kubar - BRIPKA MOCH. ILYAS M

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.38 0 komentar

Struktur Organisasi Polres Kutai Barat

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.19 0 komentar

Sasaran Strategis Tahun 2012

a)   Terbangunnya sistem komunikasi antara Kesatuan Polri mulai Polres Kutai Barat sampai dengan Polsek jajaran Polres Kutai Barat berbasis teknologi untuk kecepatan merespon setiap panggilan dan permintaan bantuan dari masyarakat, komunikasi persuasif, sampai pengendalian peristiwa kejahatan, perlindungan dan pengayoman masyarakat.

b)  Tersebarnya pelayanan Polres Kutai Barat disemua lini dan sampai komunitas terjauh kepada masyarakat dengan memperkuat Polsek, sebagai ujung tombak pelayanan keamanan dan Polres sebagai Kesatuan Operasional Dasar terutama dalam hal perlindungan dan pengayoman.

c)  Terpenuhinya hak-hak tersangka yang berlandaskan pada asas praduga tak bersalah sehingga secara berkala menyajikan informasi kepada tersangka tentang perkembangan hasil penyidikan.

d)    Terlaksananya penerimaam anggota Polri di Polres Kutai Barat yang dilaksanakan secara transparan dengan membangun sistem yang dilengkapi akses transparansi kepada publik di Polres Kutai Barat.

e)    Tergelarnya pengamanan wilayah perbatasan yang ada di wilayah hukum Polres KutaI Barat yaitu di Kecamatan Long Apari.

f)  Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kutai Barat melalui pelayanan perizinan dengan mengutamakan azas-azas pelayanan publik.

g)  Terwujudnya komunitas Samapta di Kampung-Kampung dan kawasan sebagai bentuk peran serta aktif dalam rangka menjaga keamanan.

h) Terwujudnya pelayanan di wilayah Kutai Barat secara mudah, responsif dan tidak diskrimintaif khususnya terhadap korban akibat tindak kejahatan agar proses penegakkan hukum dapat berjalan secara obyektif.

i)   Terwujudnya kemitraan antara Polres Kutai Barat dengan Pemkab. Kutai Barat, KODIM 0912 SDW, Perwakilan TNI-AU, Toga, Tomas, Todat, Toda wartawan, advokasi dan Swasta dalam rangka sinergi keamanan yang berorientasi pada tindakan proaktif daripada tindakan reaktif.

j)    Terlaksananya peran serta media massa dalam rangka pencitraan Polri khususnya Polres Kutai Barat atas hal-hal yang telah dicapai Polres Kutai Barat dalam melaksanakan tugas pokoknya selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memelihara Kamtibmas dan penegakan hukum.

k)    Tergelarnya peralatan Polres Kutai Barat berbasis teknologi dalam menghadapai berbagai trend kejahatan yang berkembang dengan semakin canggihnya kejahatan, bahkan kejahatan sudah merambah pada dunia maya, sehingga memerlukan suatu kemampuan peralatan yang sebanding dalam melakukan deteksi terhadap kejahatan berdimensi baru tersebut.

l)     Terpenuhinya jumlah personil Polres Kutai Barat untuk mengisi sebaran pelayanan di tengah masyarakat.

m)  Tergelarnya personil Polri yang profesional sehingga Renstra Polri 2010 – 2014 memasuki era kualitas melalui pendidikan kejuruan di SPN-SPN dan pendidikan D3 / S1 khususnya pengemban diskresi, bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat ( in service training ) maupun Universitas Terbuka.

n) Terwujudnya suatu sistem hukum Kepolisian yang kokoh dalam rangka akuntabilitas, legalitas dan legitimasi sistem Kepolisian Indonesia dalam kehidupan masyarakat bangsa dan negara berdasarkan UUD 1945.

o)    Mengembangkan kesinergisan Polres Kutai Barat dengan Pemkab Kutai Barat, TNI AD, TNI AU, Pengadilan Negeri Sendawar, Kejaksaan Negeri Sendawar, Rutan Tenggarong dan unsur masyarakat Toga, Tomas, Toda dan Todat serta hubungan tata kerja dari Polres ke Polda, Polsek ke Polres dan antar Bagian / fungsi.

p)  Terpeliharanya situasi Kamtibmas Pasca Pemilukada Kab. Kutai Barat TA.2011 dengan aman tertib dan terkendali.

q)    Melaksanakan  atau melanjutkan program / menegakkan 13 (tiga belas) sasaran kebijakan Kapolri.

r)     Meningkatkan kinerja Kepolisian Resor Kutai Barat dan Jajaranya secara umum dengan hasil out put dan out came yang telah direncanakan sehingga terwujud progres kenaikan kualitas kepada masyarakat. Hal ini diharapkan akan mempercepat sistem Remunerasi.

s)  Peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui program unggulan ” Quick Wins ” meliputi  :

(1)          Ketanggapan Segera ( Quick Respon ) .
(2)          Transparansi Pelayanan SSB .
(3)          Transparansi Penyidikan .
(4)          Transparansi Rekruitmen  .
(5)          Pelayanan Pemberian SKCK .
(6)          Meningkatkan Profesionalisme dalam olah TKP .
(7)          Pencegahan aksi teror
(8)          Brimob Nusantara
(9)          Polmas Desa FKPM / BKPM

t)   Menertibkan aset-aset / barang inventaris Polres Kutai Barat secara baik dan sesuai dengan prosedur serta melaksanakan SIMAK BMN.

u)   Memelihara, mengembangkan dan memupuk rasa solidaritas / solidititas diantara anggota Kepolisian Resor Kutai Barat.

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.18 0 komentar

Tujuan

1)    Tercapainya peningkatan kepercayaan masyarakat Kab. Kutai Barat terhadap bentuk  kepuasan  masyarakat  atas perlindungan, pengayoman dan pelayanan.

2)     Terbangunnya kemitraan ( partnership ) Kepolisian Resor Kutai Barat dengan institusi lembaga dilingkungan Pemkab Kutai Barat serta instansi samping.

3)        Tergelarnya  operasional Kepolisian Resor Kutai Barat baik preemtif maupun Preventif di wilayah hukum Polres Kutai Barat.

4)       Terkendalinya  trend  perkembangan  kejahatan,  serta meningkatnya penuntasan kasus kriminalitas mencakup 4 golongan jenis kejahatan yaitu konvensional, transnasional, kejahatan yang merugikan negara dan kejahatan yang berimplikasi kontijensi.

5)        Terwujudnya Good Govermance di Kepolisian Resor Kutai Barat.

6)        Terpeliharanya kekayaan Kepolisian Resor Kutai Barat dalam wujud aset-aset yang dimiliki baik berupa tanah dan bangunan maupun Logistik lainnya sehingga dapat bermanfaat dan berdaya guna.

7)        Terwujudnya perilaku anggota Polri Kepolisian Resor Kutai Barat yang beradab, berbudaya dan profesional sehingga dapat dipercaya oleh masyarakat.

8)    Terwujudnya restrukturisasi organisasi Polri pada tingkat Polres dan Polsek sehingga tercipta efesiensi dalam penggunaan personnel dan sarana dan prasarana .

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 23.11 0 komentar

Visi dan Misi

Visi Polres Kutai Barat Tahun 2012 
Menggelar pelayanan masyarakat secara menyeluruh didukung sinergi polisional dengan elemen birokrasi Kementrian dan Lembaga (K/L) dalam menjaga supremasi hukum.


Misi Polres Kubar :
Dengan mempedomani arah kedepan sesuai visi Polri dan Polda Kaltim maka langkah pencapaian sasaran strategis disusun kedalam misi guna mewujudkan visi yang telah ditetapkan oleh Kepolisian Resor Kutai Barat, maka perlu dijabarkan kedalam misi. Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dan menjelaskan mengapa Polres Kutai Barat ada, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukan. Sehubungan dengan hal ini, maka ditetapkan misi Kepolisian Resor Kutai Barat sebagai berikut :

a)   Melaksanakan deteksi dini dan peringatan dini melalui kegiatan / operasi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan yang dilaksanakan oleh Satuan Intelkam secara khusus, kemudian mengembangkan Polsek sebagai basis deteksi. Meningkatkan produk-produk Intelijen guna pertelahan situasi Kamtibmas.

b)     Memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan dan penegakan hukum secara mudah, responsif dan tidak diskriminatif kepada masyarakat Kabupaten Kutai Barat.

c)  Menjaga Kamtibcar Lantas di wilayah hukum Polres Kutai Barat untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang yang keluar/ masuk wilayah Polres Kutai Barat.

d)   Menjamin keberhasilan dalam penanggulangan gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polres Kubar dengan pendekatan persuasif dan hummanis serta menjunjung tinggi HAM.

e)     Mengembangkan perpolisian masyarakat yang berbasis pada masyarakat patuh hukum. Memberdayakan Toga, Tomas, Todat dan Toda.

f)       Menegakkan hukum secara profesional, obyektif, proporsional, transparan dan akuntabel untuk menjamin kapasitas hukum dan rasa keadilan

g)   Mengelola secara profesional, transparan, akuntabel dan modern seluruh sumber daya yang tersedia di Polres Kutai Barat guna mendukung operasional tugas Polrres Kutai Barat yang meliputi SDM dan Matlog.

h)    Membangun sistem spinder dan lembaga internasional maupun komponen masyarakat dalam rangka kemitraan dan jejaringan kerja ( partnership building / networking ).

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 22.31 0 komentar

Seksi Pengawasan [ Siwas ] Polres Kubar




SIWAS POLRES KUTAI BARAT

Siwas adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan Polres yang berada di bawah Kapolres.Siwas bertugas  melaksanakan monitoring dan pengawasan umum baik secara rutin maupun insindentil terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasi yang dilakukan oleh semua unit kerja, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian kinerja serta memberikan saran tindak terhadap peyimpangan yang ditemukan. Siwas meyelenggarakan fungsi :

1)  Pengawasan dan monitoring secara umum dan insidentil terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja;

2)  Pengawasan dan monitoring proses perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian kinerja;

3) Pengawasan dan monitoring terhadap sumber daya uang meliputi bidang personel, materiil, fasilitas, dan jasa; dan

4) Pemberian saran dan pertimbangan kepada pimpinan atas peyimpangan dan pelanggaran yang ditemukan;

Siwas dipimpin oleh Kasiwas, yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Kasiwas dalam melaksanakan  tugas kewajibannya dibantu oleh:

1) Subseksi Bidang Operasional,  disingkat Subsibidops bertugas melakukan pengawasan dan monitoring secara umum dan insidentil di bidang operasional oleh semua unit kerja, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian kinerja dan bertanggung jawab kepada Kasiwas ;

2) Subseksi Bidang Pembinaan,  disingkat Subsibidbin bertugas melakukan pengawasan dan monitoring secara umum dan insidentil di bidang pembinaan meliputi personel, materiil, fasilitas, dan jasa dan bertanggung jawab kepada Kasiwas ;

3)    Bintara Administrasi disingkat Bamin bertugas membantu tugas pada masing-masing subseksi yang ada di Siwas dalam melaksanakan tugas ketatausahaan administrasi sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Kasubseksi ;

4) Bintara Umum disingkat Banum bertugas membantu tugas Bamin dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Bamin.

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 22.22 0 komentar

Bagian Sumberdaya [ Bagsumda ] Polres Kubar




BAGSUMDA POLRES KUTAI BARAT


Bagsumda adalah unsur pembantu pimpinan Polres yang berada di bawah Kapolres. Bagsumda bertugas  melaksanakan pembinaan administrasi personel, sarana dan prasarana, pelatihan fungsi, pelayanan kesehatan, batuan dan penerapan hukum. Bagsumda menyelenggarakan fungsi :

1)     Pembinaan dan administrasi personel, meliputi :
a)   Pembinaan karier personel Polres antara lain Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), Kenaikan Gaji Berkala (KGB), mutasi, pengangkatan, dan pemberhentian dalam jabatan yang menjadi lingkup kewenangan Polres.
b) Perawatan personel antara lainpembinaan kesejahteraan rohani, mental, jasmani, moril dan materiil, mengusulkan tanda kehormatan;
c)  Pembinaan psikologi personel, antara lain kesehatan jiwa personel dan pemeriksaan psikologi bagi pemegang senjata api.
d)   Pelatihan fungsi, antara lain fungsi teknis kepolisian dan fungsi pendukung; dan
e)   Pelayanan kesehatan bagi anggota Polri dan PNS Polri beserta keluarganya;

2)    Pembinaan administrasi sarana dan prasarana (sarpras), antara lain :
a) Menginventarisir, merawat, dan menyalurkan perbekalan umum, peralatan khusus, senjata api, dan angkutan;
b) Melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN); dan
c)    Memelihara fasilitas jasa dan kontruksi, listrik, air, dan telepon;

3)    Pelayanan bantuan dan penerapan hukum, antara lain:
a)    Memberikan pelayanan bantuan hukum kepada institusi dan personel Polres beserta keluarganya;
b)   Memberikan pendapat dan saran hukum;
c) Melaksanakan peyuluhan hukum kepada personel Polres beserta keluarga dan masyarakat;
d) Menganalisa system dan metode terkait dengan ketentuan peraturan perundang –undangan di lingkungan Polres; dan
e)   Berperan serta dalam pembinaan hukumyang berkaitan dengan penyusunan Peraturan Daerah .

Bagsumda dipimpin oleh Kabagsumda, yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Kabagsumda dalam melaksanakan tugas kewajibannya dibantu oleh :

1) Subbagian Personel, disingkat Subbagpers bertugas  melaksanakan pembinaan karier personel, perawatan personel, psikologi personel, pelatihan fungsi, dan pelayanan kesehatan personel Polri dilingkungan Polres serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda ;

2) Subbagian Sarana dan Prasarana, disingkat Subbagsarpras bertugas melaksanakan inventarisasi, SIMAK BMN penyaluran perbekalan umum, perawatan alat khusus, senjata api, amunisi dan angkutan, serta memelihara fasilitas jasa dan kontruksi, listrik, air, dan telepon serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda;

3) Subbagian Hukum, disingkat Subbagkum bertugas   melaksanakan pelayanan bantuan hukum, memberikan pendapat dan saran hukum, peyuluhan hukum dan pembinaan hukum serta analisa sisten dan metode terkait dengan ketentuan peraturan perundang – undangan di lingkungan Polres serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda serta bertanggung jawab kepada Kabag Sumda;

4) Perwira Urusan Administrasi disingkat Paurmin bertugas menyelenggarakan tata urusan dalam / administrasi pada masing-masing Subbag dan bertanggung jawab kepada Kasubbag masing-masing  ;
5)  Bintara Administrasi disingkat Bamin bertugas membantu tugas para Paur pada masing-masing Subbag yang ada di Bag. Sumda dalam melaksanakan tugas ketatausahaan administrasi sehari-hari dan bertanggung jawab kepada masing-masing Paurmin ;

6)   Bintara Umum disingkat Banum bertugas membantu tugas Bamin dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Bamin.

Posted by POLRES KUTAI BARAT On 22.13 0 komentar

Bagian Perencanaan [ Bagren ] Polres Kubar




BAGREN POLRES KUTAI BARAT

Bagren adalah unsur pembantu pimpinan Polres yang berada di bawah Kapolres. Bagren bertugas menyusun rencana kerja dan anggaran, pengendalian program dan anggaran serta analisa dan evaluasi atas pelaksanaannya, termasuk rencana program pengembangan satuan kewilayahan. Dalam melaksanakan tugas Bag Ren menyelenggarakan fungsi  :

1)    Penyusunan perencanaan jangka sedang dan jangka pendek Polres antara lain Rencana Strategis ( Renstra ), Rancangan Renja dan Renja ;
2)    Penyusunan rencana kebutuhan anggaran Polres dalam bentuk Rencana Kerja Anggaran Kementerian / Lembaga               ( RKA- KL ), Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ), penyusunan penetapan kinerja, Kerangka Acuan Kerja ( KAK ) atau Term Of Reference ( TOR ) dan Rincian Anggaran Biaya ( RAB ) ;

3)    Pembuatan administrasi otorisasi anggaran tingkat Polres ;

4)  Pemantauan, penyusunan Laporan Realisasi Anggaran ( LRA ) dan pembuatan laporan akuntabilitas kinerja Satker dalam bentuk laporan akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah  ( LAKIP ) meliputi analisis target pencapaian kinerja, program dan anggaran .

Bagren  dipimpin oleh Kabagren, yang bertanggung jawab kepada Kapolres  dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Kabagren dalam melaksanakan tugas kewajibannya dibantu oleh:

1)    Subbagian Program dan Anggaran, disingkat Subbagprogar bertugas :
a)    Membantu menyusun rencana jangka sedang dan jangka pendek Polres, antara lain Renstra, Rancangan Renja dan Renja ;
b)   Membantu menyusun rencana kebutuhan anggaran Polres dalam bentuk RKA-KL, DIPA, penyusunan penetapan kinerja, KAK, TOR dan RAB .
c)    Subbagprogar bertanggung jawab kepada Kabag. Ren .

2)    Subbagian Pengendalian Anggaran, disingkat Subbagdalgar bertugas :
a)    Membantu dalam membuat administrasi otorisasi anggaran tingkat Polres ;
b)   Menyusun LRA dan membuat laporan akuntabilitas kinerja Satker dalam bentuk LAKIP meliputi analisis target pencapaian kinerja, program dan anggaran .
c)    Subbagdalgar bertanggung jawab kepada Kabag. Ren .

3)    Perwira Urusan Administrasi disingkat Paurmin bertugas menyelenggarakan tata urusan dalam / administrasi pada masing-masing Subbag dan bertanggung jawab kepada Kabag Ren  ;

4) Perwira Urusan disingkat Paur bertugas menyelenggarakan tata urusan dalam / administrasi pada masing-masing Subbag dan bertanggung jawab kepada para Kasubbag  ;

5)  Bintara Administrasi disingkat Bamin bertugas membantu tugas para Paur pada masing-masing Subbag yang ada di Bag. Ren dalam melaksanakan tugas ketatausahaan administrasi sehari-hari dan bertanggung jawab kepada masing-masing Paurmin ;

6)  Bintara Umum disingkat Banum bertugas membantu tugas Bamin dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab kepada Bamin.